Museum Radyapustaka

Museum Masterpiece

Keris MasterpieceMerupakan kebangaan besar bagi kita adalah tiga hasil karya budaya bangsa Indonesia telah diakui sebagai karya besar warisan dunia oleh UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB. Tiga karya itu adalah warang, keris, dan batik.

Pada 7 November 2003, UNESCO menetapkan wayang, pertunjukan bayangan boneka termasyhur asal Indonesia, sebagai warisan mahakarya dunia tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible of Humanity). Penetapan serupa juga dilakukan pada 25 November 2005 terhadap keris sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Sedangkan batik diakui sebagai budaya warisan dunia pada 2 Oktober 2009.

Di Museum Radyapustaka kita akan dapat mempelajari sejarah dan perkembangan ketiga hasil budaya bangsa tersebut. Kita dapat melihat dan mempelajari berbagai ragam wayang, terutama wayang kulit, dari berbagai daerah yang terpajang di ruang pamer. Wayang-wayang koleksi Museum Rdyapustaka adalah wayang klasik yang bisa disebut mewakili sejumlah masa penciptaan sehingga darinya kita bisa melacak perkembangan seni tatah maupun seni sungging pada wayang.

Kita juga dapat melihat dari dekat berbagai jenis dan ragam keris yang dipajang di Ruang Tosan Aji. Beraneka macam bentuk, jenis, gaya, dan dari berbagai masa penciptaan keris tersimpan di museum ini. Selain itu kita juga bisa belajar mengenai cara pemakaian keris sesuai kondisi dan peruntukkannya.

Khusus mengenai koleksi batik, Museum Radyapustaka semula memiliki puluhan lembar kain batik kuno yang tersimpan sebagai koleksi. Sayangnya, seiring waktu koleksi itu mengalami kerusakan dan lapuk karena minimnya informasi mengenai cara penyimpanan kain yang dimiliki pengelola museum di masa lalu.

Meskipun demikian, Museum Radyapustaka masih memiliki sejumlah koleksi kepustakaan klasik yang memuat informasi tulis maupun gambar berkaitan tentang sejarah dan perkembangan batik dari masa ke masa serta motif-motif batik kuno yang merupakan 'master' dari motif-motif batik baru yang kita temui sekarang.

Anda disini: Home Tentang Museum Museum Masterpiece Museum Masterpiece
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter