Museum Radyapustaka

Kata Pengantar Komite Radyapustaka

Halaman Depan Museum RadyapustakaMuseum pada dasarnya sebuah ruang bersama untuk mengenali diri sendiri maupun mengenali orang lain. Mengenali diri sendiri bagi masyarakat yang berasal dari lingkungan dimana museum itu berada, dan akan menjadi ruang mengenali orang lain bagi masyarakat dari luar untuk mengetahui jejak peradaban bangsa/masyarakat yang terekam dalam museum itu.

Pendapat itu didasarkan bahwa penciptaan karya budaya selalu merupakan penciptaan kembali dari yang telah dicapai sebelumnya dan diendapkan kembali dalam tradisi kebudayaannya. Manusia adalah makhluk menyejarah; masa lampaunya adalah warisan, masa depannya adalah kemungkinan, sedangkan masa kininya adalah inisiatif untuk membaharui masa lampau dan merealisasikan masa depan.

Museum Radyapustaka adalah salah satu dari museum besar dan penting yang harus mendapat catatan khusus. Berdiri sejak 28 Oktober 1890, Radyapustaka merupakan lembaga ilmu pengetahuan dan museum tertua di Indonesia yang didirikan oleh putra bangsa.

Namun meskipun sudah lebih dari dari seabad keberadaannya, masyarakat luas masih belum banyak yang memahami arti penting Museum Radyapustaka, termasuk koleksi-koleksi yang ada di dalamnya. Karena itulah Komite Radyapustaka merasa perlu menerbitkan buku kecil dan media informasi online dalam bentuk "website" dengan tujuan 'mendatangi' untuk memberitahu publik, dengan harapan selanjutnya publik 'datang'ke museum guna melihat langsung benda-benda yang diinformasikan dalam buku & media website online.

 

Komite Museum Radyapustaka

Anda disini: Home Tentang Museum Museum Radyapustaka Kata Pengantar Komite
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter