Museum Radyapustaka

Ruang Pamer

Ruang PamerMuseum ini menyimpan sekitar 10.000 jenis koleksi museum, termasuk 173 arca batu dan perunggu, diantaranya merupakan sumbangan Sri Susuhunan Paku Buwono IX dan X, KGPAA Mangkunegara VII, KRA Sosrodiningrat IV, GPH Hadiwidjojo, serta sejumlah penyumbang lainnya dengan didasari semangat bersama untuk menumbuhkembangkan kebudayaan, termasuk upaya konservasi benda-benda pusaka.

Di museum ini kita dapat menemukan berbagai benda peninggalan sejarah, mulai dari senjata, peralatan kantor, peralatan dapur, souvenir kerajaan hingga buku-buku kuno.

Dari tinjauan masa, koleksi Museum Radyapustaka terbagi dalam dua kelompok besar, yakni benda peninggalan masa prasejarah dan benda peninggalan masa klasik. Peninggalan masa prasejarah itu berupa batu lumpang, batu lesung, menhir, dan batu komboran. Sedangkan peninggalan masa klasik yang tersimpan adalah berupa berbagai arca Hindu dan arca Budha, prasasti, keramik, koleksi ethnografi, koleksi senjata, koleksi buku, hingga koleksi numemastik.

Ruangan Museum

Berikut beberapa ruangan yang ada di Museum Radyapustaka:

Anda disini: Home Ruang Pamer & Koleksi
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter