Museum Radyapustaka

Mengenal Museum Radyapustaka

Mengenal Museum RadyapustakaBerkunjunglah ke Museum Radyapustaka di Solo. Nikmati suasananya dan pelajari dengan seksama koleksi-koleksi di dalamnya. Dari sana, Anda akan tahu atau bahkan bisa menghayati dan menyelami kehidupan Jawa tempo dulu. Mengunjungi museum ini Anda dapat menyaksikan koleksi pustaka maupun benda-benda peninggalan sejarah Nusantara, khususnya dari Jawa.

Anda dapat melihat dari dekat arca, patung, artefak, senjata tradisional, wayang, alat kesenian tradisional. Selain itu, yang pasti lain dari museum lainnya, adalah koleksi ratusan buku klasik di ruang pajang.

Dari semua koleksi itu Anda akan menyelami capaian-capaian peradaban masa lalu leluhur kita yang wajib kita lestarikan sebagai bekal bagi kita menapaki tantangan jaman di masa datang. Karena sebagai makhluk menjejarah, kreativitas atau daya cipta manusia tidak pernah merupakan creation ex nihilo (penciptaan dari nol).

Konon, ada tiga cara jitu untuk melemahkan dan menjajah suatu negeri: pertama, kaburkan sejarahnya; kedua, hancurkan bukti-bukti sejarah bangsa itu hingga tidak bisa lagi diteliti dan dibuktikan kebenarannya; ketiga, putuskan hubungan mereka dengan leluhur; dengan mengatakan bahwa leluhurnya bodoh dan primitif.

Datang dan berkunjunglah ke Radyapustaka, karena tentunya kita akan menolak pembodohan itu. Kita harus melawan lupa dan melawan semua tipu daya agar kita ingat dengan terus mengenali diri kita sendiri sebagai bangsa besar, termasuk di dalamnya mengenali capaian-capaian besar kita di masa lalu.

Anda disini: Home Artikel Sejarah Artikel Populer Mengenal Museum Radyapustaka
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter