Museum Radyapustaka

Mengenal Museum Radyapustaka

Mengenal Museum RadyapustakaBerkunjunglah ke Museum Radyapustaka di Solo. Nikmati suasananya dan pelajari dengan seksama koleksi-koleksi di dalamnya. Dari sana, Anda akan tahu atau bahkan bisa menghayati dan menyelami kehidupan Jawa tempo dulu. Mengunjungi museum ini Anda dapat menyaksikan koleksi pustaka maupun benda-benda peninggalan sejarah Nusantara, khususnya dari Jawa.

Selengkapnya: Mengenal Museum Radyapustaka

Koleksi Sejarah

Museum RadyapustakaDi museum ini kita dapat menemukan berbagai benda peninggalan sejarah, mulai dari koleksi senjata, peralatan dapur, peralatan kantor, souvenir kerajaan, hingga buku-buku atau naskah kuno.

Selengkapnya: Koleksi Sejarah

Gamelan Tunggal Larasadi

Gamelan GenderanKoleksi unik lainnya di Museum Radyapustaka adalah sebuah gender unik. Gender ini terdiri dari beberapa instrumen yang dikemas menjadi satu dan dimainkan seorang pemain. Instrumen itu selain dibunyikan (ditabuh) dengan dua tangan, juga dibunyikan dengan kedua kaki menggunakan pedal khusus. Karena itulah instrumen gender tersebut sering disebut sebagai "Gamelan Tunggal".

Selengkapnya: Gamelan Tunggal Larasadi

Kyai Rajamala

Kyai RajamalaMuseum Radyapustaka menyimpan salah satu karya seni yang sangat berharga, yaitu canthik atau hiasan depan haluan perahu Kyai Rajamala, yang diambil dari nama tokoh di pewayangan yaitu Raden Rajamala, raksasa perkasa yang mempunyai kesaktian tak terkalahkan di dalam air.

Selengkapnya: Kyai Rajamala

Anda disini: Home Artikel Sejarah
Museum Radyapustaka

Materi yang diposting di website ini juga dapat ditemukan pada buku kecil resmi terbitan Museum Radyapustaka, dengan beberapa pengecualian materi.

 Daftar e-Newsletter